10/19/2011

VVF OLEOCHEMICHAL PABRIK OLEOKIMIA DI KAWASAN INDUSTRI MEDAN II

JAKARTA - VVF Oleochemichal and Personal Care berencana menanamkan modalnya senilai US$ 300 juta di sektor hilir crude palm oil (CPO) di Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara. Saat ini, perusahaan asal India ini sedang mengurus proses administrasi dan perizinan.

Direktur Industri Hasil Hutan dan Perkebunan Kementerian Perindustrian Aryan Wargadalam mengungkapkan, VVF akan membangun pabrik oleokimia di Kawasan Industri Medan II (KIM II). Dia memperkirakan pabrik itu akan beroperasi pada 2013 mendatang.

Menurut Aryan, untuk tahap pertama perusahaan ini akan membenamkan investasi sebesar US$ 100 juta. Namun, dia mengaku belum tahu kapasitas pabrik yang akan dibangun. Yang jelas, dia mengatakan, investasi perusahaan India ini merupakan dampak dari pemberlakukan bea keluar CPO yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia.

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan industri agro merupakan andalan masa depan Indonesia. Industri agro yang potensial dikembangkan adalah industri hilir kelapa sawit (oleokimia), industri produk karet seperti ban dan industri olahan kakao dan cokelat. "Hilirisasi akan meningkatkan nilai tambah, penguatan struktur industri dan penyerapan tenaga kerja," kata Hidayat.

Menurut Hidayat, produk olahan CPO memberikan nilai tambah yang sangat besar. Jika diolah menjadi minyak goreng sawit nilai tambahnya mencapai 60%, RBD stearine 90%, fatty acids 300%, fatty alkohol 400%, surfaktan 800% dan kosmetik 1.200%.
Sumber : kontan.co.id
http://industri.kontan.co.id/v2/read/1317977405/79401/Perusahaan-India-bangun-pabrik-olahan-CPO-senilai-US-300-juta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar