6/11/2012

PT Perkebunan Nusantara III adakan Pasar Murah sebesar 1,7 M

Medan - PT Perkebunan Nusantara III selaku BUMN perkebunan yang berada di propinsi Sumatera Utara turut berpartisipasi dalam kegiatan membuka pasar murah di 48 titik lokasi di Sumatera Utara dengan jumlah 23.642.000 paket sembako.  Kegiatan pasar murah ini merupakan amanat dari Kementrian BUMN yang dimaksudkan untuk membantu daya beli masyarakat ekonomi bawah. Berdasarkan SE Kementrian BUMN SE: 04/D5.MBU/2012 tanggal 11 Mei 2012, PTPN III dihunjuk sebagai koordinator PKBL tahun 2012 untuk wilayah Sumatera Utara, (5-9/06/2012).   

Menurut keterangan Sunardiono, SE, Kepala Bagian Kemitraan dan Bina Lingkungan PTPN III bahan makanan pokok yang dijual di pasar murah yaitu beras, minyak goreng dan gula yang dikemas dalam satu paket.  “Masyarakat bisa membeli per paketnya itu dengan harga yang sangat murah,” katanya.   

Salmiah (60) seorang ibu rumah tangga yang membeli sembako di pasar murah dengan menggunakan kupon ini mengungkapkan, paket sembako murah yang diadakan PTPN III ini sangat membantu sekali untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarganya selama beberapa hari.  “Keluargaku banyak, anak-anakku saja ada empat orang. Lumayan kalilah dapat paket sembako murah ini. Semoga sering-sering dibuat PTPN III,” katanya sambil tersenyum sembari membawa satu paket sembako.

Megananda Daryono, Direktur Utama PTPN III menghimbau kepada seluruh masyarakat penerima paket sembako murah agar membeli dengan kupon, antri dan tidak berdesak-desakan.  “Kami selaku wakil dari perusahaan negara tetap konsern membantu masyarakat golongan kurang mampu dengan membuat berbagai kegiatan yang dapat menolong masyarakat kurang mampu melalui BUMN Peduli dengan paket sembako murah,” katanya seraya menambahkan informasi bahwa beberapa BUMN lain di koridor Sumut juga melaksanakan kegiatan pasar murah sebagaimana yang dilakukan oleh PTPN III.

Satu paket berisi 7,5 kg beras, 2 liter minyak goreng dan 2 kg gula putih yang bisa dibeli dengan harga sangat murah yaitu Rp 29.850,- atau hampir berjumlah Rp 30.000,-.  Paket sembako murah merupakan subsidi yang diberikan perusahaan hingga 70%, karena harga satu paket seharusnya Rp 100.000,- namun dijual dengan harga yang sangat murah.

Pembelian bahan-bahan sembako diambil dari dana PKBL PTPN III sebesar Rp 1,7 milyar untuk 48 titik di Sumatera Utara yang terdiri dari Deli Serdang I dan II Distrik Simalungun, Distrik Asahan dan Medan, Distrik Labuhanbatu I, II dan III dan Distrik Tapanuli Selatan. Gelar BUMN Peduli pasar murah ini bersifat terbuka dengan sasaran masyarakat kurang mampu. Pembelian sembako dilakukan dengan kupon yang bekerja sama dengan para petugas di tiap desa.(R-07)

1 komentar: